0
Dikirim pada 08 Maret 2013 di IBRAH

Suatu hari seorang pria bertemu dengan Socrates dan berkata, “Tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman Anda?” Tunggu sebentar, jawab Socrates. “Sebelum memberitahukan sesuatu, saya ingin Anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut saya namakan Ujian Saringan Tiga Lapis.” Saringan Tiga Lapis? Tanya pria tersebut. Betul …! Lanjut Socrates.

Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan tentang teman saya. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Lapis.

Saringan yang pertama adalah KEBENARAN. Sudah pastikah Anda bahwa apa yang akan Anda katakan kepada saya benar? “Tidak”, kata pria tersebut. “Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada Anda”. “Baiklah”, kata Socrates. “Jadi anda sungguh tidak tahu hal ini benar atau tidak”.

Sekarang mari kita coba saringan kedua, yaitu KEBAIKAN. Apakah yang akan Anda katakana kepada saya mengenai teman saya adalah suatu yang baik? Tanya Socrates. “Tidak, sebaliknya mengenai hal yang buruk”. Jawab pria tersebut. Jadi, lanjut Socrates, anda ingin mengatakan sesuatu yang buruk mengenai dia, tapi Anda sendiri tidak yakin kalau itu benar!

Anda mungkin masih bias lulus ujian selanjutnya, yaitu KEGUNAAN. Apakah yang akan Anda beri tahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya? Tanya Socrates. “Tidak, sungguh tidak”, jawab pria tersebut. Kalau begitu, simpul Socrates. “Jika apa yang Anda ingin beri tahukan kepada saya tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, mengapa Anda ingin menceritakannya kepada saya?” (sumber : Manajemen Alhamdulillah)



Dikirim pada 08 Maret 2013 di IBRAH
comments powered by Disqus
Profile

Berasal dari Desa ... lahir dari seorang petani kecil. Orangnya prihatin, gampang tersentuh. Ayah dari 7 orang anak! More About me

Tag
Al-Quran
    Ya Rabb, ampuni dosa kami, dan hapuslah segala kesalahan kami, dan matikanlah kami bersama orang-orang yang shalih.
Sabda Nabi saw
    Cintailah seseorang itu dalam batas yang wajar, sebab suatu saat bisa jadi orang yang kamu benci. Bencilah seseorang itu dalam batas yang wajar, sebab suatu saat ia orang yang kamu cinta.
Al-Quran
    Ya Rabb ... janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb, janganlah kami berikan beban yang berat seperti yang Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.Ya Rabb, janganlah Engkau bebankan kepada kami sesuatu yang tidak dapat kami memikulnya! ......
Asa-ku
    Ya Rabb, seandainya hamba-Mu harus menangis ... jadikanlah tangisan itu yang bisa membuat terhapusnya dosa dan kesalahan hamba, tangis yang mampu menghantar hamba pada ridha dan rahmat-Mu. Ya Rabb ... jadikanlah senyum hamba dikala orang yang mencintai dan menyayangiku menangisi hamba ....
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 3.284.521 kali


connect with ABATASA