close
close
0
Dikirim pada 02 Juni 2011 di Bab. Sholat

Tanya  : Bismillah, pak Ustadz Abu Alifa yang saya hormati. Ketika shalat (terutama bacaan yang dinyaringkan), apakah Basmallah itu dibaca, atau kita memulai dengan alhamdulillah. Mohon penjelasannya, sebab sebagian mengatakan bahwa bismillah tidak dibaca, baik dijaharkan maupun pelan. Wassalam KL Karawang

Jawab : Perlu diketahui bahwa basmallah merupakan bagian dari al-Quran. Dan tidak semua surat dalam Al-Quran diawali dengan Basmallah. Dengan demikian kita bisa memahami bahwa pencantuman kalimat tersebut terutama oleh para shahabat dalam dalam pengumpulan al-Quran bukan semata-mata atas inisiatif pengumpul al-Quran. Apa yang dilakukan oleh para shahabat tentu berdasarkan apa yang didengar dan disampaikan oleh Nabi saw.

Oleh karenanya saat kita membaca dalam shalat, maka apabila membaca yang disurat itu diawali dengan kalimat tersebut, maka tentu kita membacanya. Yang jadi masalah apakah kalimat Basmalah itu dinyaringkan atau pelan? Dalam hal ini para ulama membolehklan kedua-duanya.

Diantara Dalil tentang Basmalah

Dari Ummi Salamah : Sesungguhnya ia pernah ditanya tentang bacaan Rasul saw (dalam shalat). Ia (Ummu Salamah) menjawab : Biasanya Nabi memutus-mutuskan bacaannya satu ayat-satu ayat. (Beliau membaca) Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil-’alamin ... (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Dari Qatadah berkata : Pernah ditanya Anas tentang bagaimana bacaan Nabi saw. Ia jawab : (Bacaannya) panjang . Lalu membaca Bismilahirrahmanirrahim, (beliau) memanjangkan (kalimat) ar-Rahman, dan memanjangkan (kalimat) ar-Rahim ..(HR.Bukhary). Dan masih ada dalil lain yang intinya bahwa basmalah itu dibaca.

Namun dalam kesempatan lain Nabi saw pernah tidak mengeraskan (bukan tidak dibaca) kalimat basmallah tersebut. Dan Ibn Abbas menjelaskan mengenai peristiwa disirkannya (dipelabkannya) lapadz Bismillah. "...Saat Nabi menjaharkan (menyaringkan) Bismillah.. orang-orang musyrikin memperolokan (lafadz itu) dengan mengatakan : Bahwa Muhammad (sering) menyebut Ilah (sembahan) orang Yamamah. (karena) Musailamah al-Kadzdzab mempunyai nama Rohman..., maka Alloh menurunkan ayat al-Isra 110. (HR.Thabrany).

Memang sebagaian ada yang berpendapat bahwa Nabi tidak membaca Basmallah kecuali pada rakaat yang pertama dengan dalil :

Dari Abi Hurairah berkata : Keadaan Rasulullah saw apabila bangkit kepada rakaat yang kedua, memulai bacaannya dengan "Alhamdulillah..." dan tidak diam terlebih dahulu. (HR.Muslim)

Hadits diatas menunjukkan bahwa bukan tidak membaca Bismillah, akan tetapi pada rakaat yang kedua itu bacaan Nabi itu diawali dengan surat Alhamdu (al-Fathihah), tidakl diam dulu seperti padsa rakaat yang pertama. Karena pada rakaat yang pertama seperti yang Aisyah riwayatkan, bahwa beliau diam terlebih dahulu. Ketika ditanya apa yang dibaca? Nabi menjelaskan dianataranya Allohumma ba’id baini ...(do’a iftitah). Sedangkan dirakaat selanjutnya Nabi tidak diam dulu, akan tetapi langsung membaca suarat Al-Fatihah yang sering disebut juga suarat Al-Hamdu> Allohu A’lam



Dikirim pada 02 Juni 2011 di Bab. Sholat
comments powered by Disqus
Profile

Berasal dari Desa ... lahir dari seorang petani kecil. Orangnya prihatin, gampang tersentuh. Ayah dari 7 orang anak! More About me

Al-Quran
    Ya Rabb, ampuni dosa kami, dan hapuslah segala kesalahan kami, dan matikanlah kami bersama orang-orang yang shalih.
Sabda Nabi saw
    Cintailah seseorang itu dalam batas yang wajar, sebab suatu saat bisa jadi orang yang kamu benci. Bencilah seseorang itu dalam batas yang wajar, sebab suatu saat ia orang yang kamu cinta.
Al-Quran
    Ya Rabb ... janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb, janganlah kami berikan beban yang berat seperti yang Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.Ya Rabb, janganlah Engkau bebankan kepada kami sesuatu yang tidak dapat kami memikulnya! ......
Asa-ku
    Ya Rabb, seandainya hamba-Mu harus menangis ... jadikanlah tangisan itu yang bisa membuat terhapusnya dosa dan kesalahan hamba, tangis yang mampu menghantar hamba pada ridha dan rahmat-Mu. Ya Rabb ... jadikanlah senyum hamba dikala orang yang mencintai dan menyayangiku menangisi hamba ....
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 1.495.520 kali


connect with ABATASA